Pendapat Pemuda Dan Aktivis Tentang Pilkades Serentak di Sekadau

Kamis, 01 September 2016

Sekadau (Sorot Post) - Banyak kalangan yang mengharapkan proses pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Sekadau berjalan dengan aman, tentram, dan berkualitas. Terutama dikalangan pemuda dan Aktivis Sekadau, apa kata mereka tentang hal ini berikut ulasannya.
Salah seorang Aktivis yang berasal dari Sekadau, Zainudin Kismit. Ia memaparkan bebera gagasan dan tanggapan tentang Pilkades di tempat kelahirannya yaitu Kabupaten Sekadau. Tercatat ada 19 desa yang akan melakukan Pilkades serentak pada hari Sabtu 3 September nanti. 

Menurutnya, Momentum pilkades di sekadau merupakan suatu manifestasi dari langkah nyata dan komitmen masyarakat dalam membangun Indonesia dari desa. Maksudnya adalah bagaimana momentum tersebut tidak hanya dijadikan sekedar pemilihan dan pergantian estafet kepemimpinan di tingkat desa.
"akan tetapi masyarakat juga perlu terlibat dalam mewujudkan political value atau nilai-nilai politik yang mengandung nilai kesejahteraan, nilai keadilan, nilai gotong royong dalam membangun desa,"ujarnya Rabu (31/8).
selain itu, kata Zai sapaan akrabnya, dengan adanya partisipasi masyarakat maka akan mampu mewujudkan good goverment (pemerintahan yang baik) dan good governance (tata pemerintahan) dalam prinsip pengelolaan tata pemerintahan desa yang baik.
"karena pada prinsipnya untuk mewujudkan good governance salah satunya adanya partisipasi masyarakat dalam mengawasi dan bersinergi bersama pemerintah sehingga dengan sendirinya akan lahir pemerintahan yang baik di tingkat desa sehingga pilkades bukan sekedar ajang merebut politik kekuasaan yang menumpu pada hasrat kepentingan berkuasa,"ungkapnya.(Inti Pos)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS