KPU Landak Menambah Masa Pendaftaran Tiga Hari

Minggu, 25 September 2016

Landak (Sorot Post) – Ketua KPU Landak  KPU Landak Lomon mengatakan, jika hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, pihaknya akan menunggu peraturan yang ditentukan oleh undang-undang.

Sehingga saat ini masih berpatokan kepada tahapan KPU, yakni jadwal pendaftaran yang dimulai pada tanggal 21-23 September hingga pukul 00.00 WIB. Jika sudah dipastikan hanya satu pasangan yang mendaftar, tentu mengikuti peraturan yang ada.

"Kita akan mengubah SK kita, kemudian memperpanjang masa pendaftaran tiga hari lagi," katanya, Kamis (22/9/2016).


Namun kalau tiga hari yang diperpanjang tidak ada yang mendaftar, dan tidak ada perubahan. Maka tetap lanjut dengan pasangan sebelumnya yang sudah dilakukan verifikasi berkas yang bersangkutan.

Untuk proses pemilihannya, berdasarkan peraturan KPU tentang pungut hitung, sedang digodok KPU RI. "Cuma nanti pada saat pemungutan suara, di surat suara ada dua pilihan," jelasnya.

Yakni ada kolom foto pasangan calon yang betul-betul asli, kemudian di kolom sebelahnya ada foto bergambar kosong. "Tinggal nanti pemilih mencoblos yang betul-betul ada gambarnya, atau yang tidak ada gambarnya," terang Lomon.

Sedangkan untuk dinyatakan menang, maka persentasenya 50 persen plus 1. Namun jika tidak mencapai jumlah persen tersebut (Kalah), maka mengikuti pemilihan pada gelombang ke tiga yaitu pada tahun 2018.

Sehingga Lomon belum bisa memastikan apakah Landak akan hanya ada satu Paslon  atau tidak.

"Kalau untuk perseorangan sudah habis jadwal penyerahan berkas dukungan. Jadi yang mendaftar dari partai, kita masih akan melihat dukungannya dan memverifikasi. Jadi tunggu jadwal pendaftaran selesai, baru bisa kita sampaikan bagaimana langkah selanjutnya," pungkasnya (Red.Y) Sumber :Landakpost.com

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS