Indek Kerawanan Pelanggaran Pemilu di Singkawang dan Landak

Sabtu, 03 September 2016

PONTIANAK(Sorot Post) - Hasil dari indek kerawanan Pemilu IKP Pilkada 2017 di Jakarta oleh Bawaslu RI waktu lalu , bahwa pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2017 mendatang, dua kabupaten kota di Kalbar yaitu, Singkawang dan Landak termasuk kerawanan rendah.
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalbar, Ruhermansyah menyatakan indek rawan telah dikeluarkan oleh Bawaslu RI adalah bukan merupakan rawan konflik. Tapi rawan terhadap pelanggaran Pemilu.
"Nah ada katagorinya yaitu, ringan, sedang, dan rawan tinggi," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (3/9/2016).
Namun kata Ruhermansyah, seperti dua kabupaten kota di Kalbar yaitu Kota Singkawang dan Kabupaten Landak yang indek kerawanan pelanggaran rendah.
Ketika tidak tidak di manajemen dengan baik seperti, maka juga bisa memicu konflik.
Contoh kasus di dalam indikator, penyelengaraan dilaksanakan oleh penyelengara Pemilu.
"Disini ada aspek profesionalitas dan netralitas. Apabila dalam aspek ini tidak terjaga, dan pelanggaran tidak dijalankan dengan baik, sehingga cendrung berpihak juga akan memicu konflik. Maka akan dampaknya sangat besar," jelasnya.
Menurutnya, walaupun Pilkada di Singkawang dan Landak indek kerawanan pelanggaran rendah, tetap terus dan upaya dilakukan monitoring dan manajemen dengan sebaik mungkin.
"Artinya kita tidak boleh lengah, khususnya Pilkada di Singkawang dan Landak. Jajaran kami melalui korlip pencegahan dan hubungan antara lembaga Bawaslu Kalbar, akan bekerja dengan optimal untuk memeta tingkat kerawanan di dua wilayah tersebut," ungkapnya.(http://pontianak.tribunnews.com)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS