Gubenur Kalbar Menghimbau supaya masyarakat Mengandang Ternak

Kamis, 08 September 2016

Landak (Sorot Post)- Gubenur Kalimantan Barat Cornelis menghimbau  kepada masyarakat kalbar untuk mengurung ternak agar terhindar dari segala jenis bakteri penyakit yang mengganggu kesehatan.
Cornelis pun juga mengintruksikan kepada masyarakat seperti  Babi, sapi, dan Kambing tidak berkeliaran di sekitar rumah.
"Jika Susah membuat kandang ternak seperti Babi, Sapi dan Kambing ya lepaskan saja, rumah saja yang dikandangi, buat tempat untuk bercocok tanam di pekarangan," ujar Cornelis, ketika memimpin rapat kerja Penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Landak, di Aula Kantor Bupati Landak, Rabu (7/9) kemarin.

Seperti di kutip media Intipost.com, Cornelis memahami bahwa dalam kebiasaan masyarakat Dayak, ternak yang dikandang itu kurang enak dikonsumsi, kerdil pertumbuhannya, sehingga jalan keluarnya ya rumah yang dipagar, jangan sampai ternak bisa masuk mengganggu pekarangan.

Ditegaskan Cornelis pula, jika memang hal ini bisa dijalankan, agar memelihara ternak seperti Babi, Sapi dan lainnya agar diperbanyak, karena bisa untuk tabungan, ketika ada acara keluarga, gawai dayak, anak mau sekolah dan sebagainya. Kalau bisa satu rumah sampai 20 ekor babi dipelihara.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Nyonya Frederika Cornelis, mendukung apa yang menjadi himbauan kepala daerah Kalbar itu, karena kaitannya dengan program PKK dalam kelompok kerja tiga yakni pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam, jika ternak dilepas maka sangat mengganggu, sehingga apa yang disampaikan Gubernur Kalbar, dengan memagari rumah dan pekarangan jadi solusi terbaik. Sehingga masyarakat di desa tetap bisa bercocok tanam dan bisa menikmati hasilnya terhindar dari gangguan ternak.(Y/Stn)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS