Dikabupaten Landak Banyak Kontraktor Tidak Pasang Plang Papan Nama Proyek

Rabu, 07 September 2016


Landak (Sorot Post)- Banyaknya pembangunan proyek dikabupaten Landak mulai dari Anggaran APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Landak tahun 2016 dipertanya oleh anggota DPRD Kabupaten Landak yang menyayangkan pihak kontraktor tidak ada pemasangan plang Papan Proyek padahal itu sangat perlu untuk diketahui oleh masyarakat pasalnya masyarakat wajib untuk mengetahui dan mengawasi setiap pembangunan yang ada didaerah tersebut sesuai dengan peraturan yang mengikat yakni Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.


Dari peraturan yang telah mengikat sepertinya pihak kontraktor mengabaikan peraturan Presiden dan merupakan sebuah pelanggaran UU prosedur yang dituangkan dalam peraturan tersebut.
Kalau pihak kontraktor tidak memasang plang papan nama proyek, tentunya perlu dipertanyakan sebuah pekerjaan tersebut.
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Landak, yakni Aris Ismael,SE dari komisi A dan Lorianto, S.Th (Badan Musyawarah ), menyayangkan pihak kontraktor tak pasang plang papan nama proyek, dan menurut Aris Ismael tentunya pihak kontraktor harus pasang plang papan nama proyek.
Selain itu juga, menurut Ketua Dewan Perwakilan Daerah Kalimantan Barat Lembaga Penyelidikan Pemantauan Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (LP3K-RI), plang informasi proyek itu bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek dapat berjalan dengan transparan. Dimana keterbukaan atau transparansi ini dimulai sejak tender atau lelang proyek dilakukan termasuk tender proyek yang dilakukan di badan publik.

“Pada pasal 25 Perpres diatur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah, melalui website, portal LPSE, papan pengumuman resmi, dan sebagainya. Ini semakin memperkuat apa yang juga diatur dalam UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),” paparnya. (Red.Y)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS