Diduga Banyak Kegagalan dan Penyimpangan ADD/DD Tidak Lepas Campur Tangan Pihak Terkait

Jumat, 02 September 2016

Putussibau (Sorot Post) - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lembaga Penyelidikan Pemantauan dan Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (P3K-RI) Kabupaten Kapuas Hulu menduga kegagalan dan penyimpangan dana ADD dan DD tidak terlepas dari campur tangan pihak kecamatan.


Alasan ini saya sampai karena sebelum sampai kepihak tim verefikasi Dinas Pemdes Kabupaten Kapuas Hulu, tentu dikecamatan juga ada tim verifikasi untuk pencairan dana DD. Jika ini berjalan dengan baik saya yakin tidak akan ada terjadi nya dugaan penyimpangan dana desa yang selama ini menjadi koflik di masyarakat.


Tim kami juga meninjau kelapangan ada beberpa yang kami duga penyimpangan. Seperti Desa Sungai Besar Kecamatan Bunut Hulu apa yg disampaikan dan dilaporkan beberapa perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Pembangunan Desa Sungai Besar. Kepada tim saya, pembangunan kantor desa saja yang memakan dana ratusan juta tapi bangunan nya tidak ubah seperti kandang sapi. “Ada juga temuan di Desa Kalis Raya Kecamatan Kalis beberapa masyarakat juga datang kepada kami menyampaikan laporan kegiatan di desanya malah ada yang fiktif,” jelas Rajali Ketua LP3K-RI Kapuas Hulu.


Namun anehnya, hampir semua Kepala Desa tidak mengindahkan peraturan mentri dalam negri no.46 tahun 2016 bahwa semua lapisan msyarakat selain Kaur Desa wajib tau penggunaan anggran dana desa. Tapi fakta dilapangan saat kami temuai banyak yang mengatakan tidak tahu berapa anggaran yang ada, hanya tau sudah mulai kerja dan lihat pagu dananya pada plang proyek saja. “yang mengatakan tidak tau justru jabatan di desa selaku BPD, TPK, Kadus, Ketua RT, kan lucu,” ungkap Rajali.


Berdasarkan laporan masyarakat kepada tim kami melalui LP3K-RI Kabupaten Kapuas Hulu, dalam waktu dekat ini kami akan melakukan koordinasi kepihak berwajib selaku penegak hukum untuk melaporkan indikasi penyalahgunaan dana ADD/DD ini secepatnya. (Raj)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS