Bupati Kapuas Hulu Resmikan Pabrik Mini Mocaf Desa Sukamaju

Jumat, 09 September 2016

Kapuas Hulu, Mentebah (Sorot Post) - Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Abang Muhammad Nasir,S.H membuka acara peresmian pabrik mini Modifikasi Ketela Pohon (Mokap) di trans Desa Sukamaju Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (7/9/16).

Peresmian tersebut dihadiri Sekda Kapuas Hulu Ir.H.M Sukri, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, seluruh Kepala SKPD Kabupaten Kapuas Hulu, Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, Muspika Kecamatan Mentebah serta seluruh masyarakat Desa Sukamaju. Acara ini di selenggarakan oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kapuas Hulu melalui Koperasi Karya Bhakti dan Kelompok Tani yang dipercaya oleh Pemda Kapuas Hulu untuk mengelola pabrik tepung tapioka tersebut.

Di katakan Nasir dalam sambutannya bahwa pada hari ini bapak ibu kita spakat dan komitmen utama mengubah untuk memajukan usaha prioritas yang berkaitan dgn ubi kayu atau ketela pohon, yang biasanya banyak diolah, contohnya ubi goreng dan lain-lain.

Selama ini kita hanya bisa membeli tepung mokap saja ditoko, tetapi tidak tau cara membuatnya. Hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu sepakat untuk memajukan melakukan terobosan dengan mencoba membangun pabrik pengolahan terutama yang berkaitan dengan ubi menjadi tepung tapioka, ungkapnya.

“Kita sudah merasakan hasil olahan seperti kerupuk basah tadi yang menggunakan tepung mokap ini, ternyata rasanya tidak berubah seperti aslinya,” kata Nasir.

Berarti tidak diragukan lagi kalau tepung tapioka ini kedepannya bisa kita kembangkan di Kapuas Hulu, sehingga bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat khususnya bagi para peteni ubi kayu atau ketela pohon, jelasnya.

Selain itu tambah Nasir, kalau tidak salah kebutuhan tepung tapioka di Kapuas Hulu kurang lebih 9-10 ton per hari yang kita datangkan atau beli dari luar. Oleh sebab itu dengan adanya pabrik ini dan kita sudah mampu memproduksinya sendiri, hal ini lah yang mendorong kami selaku Pemda Kapuas Hulu bersama dinas terkait untuk mencoba membuat program dengan membangun pabrik mokap walaupun masih bersifat mini. 

“Namun kedepan kita akan terus kembangkan terutama kepada kelompok tani atau masyarakat untuk pengembangan perkebunan terutama ketela pohon yang menjadi bahan baku utama tepung tapioka,” ujar Nasir.

Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada hari ini insyaAllah membawa perubahan untuk kita semua kedepannya agar bagaimana membuat ekonomi masyarakat meningkat, sehingga potensi yang ada di desa bisa kita kembangkan dan kelola dengan baik, harapnya. (Raj)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS