Pencairan Dana Desa Di Kabupaten Sanggau Tunggu Keputusan Menteri Keuangan

Jumat, 01 April 2016

SANGGAU (Sorot Post)-Kepala Desa sekabupaten Sanggau mulai tidak sabar menanti Anggaran Dana Desa yang seyogianya akan cair bulan ini,namun penantian mereka ini mulai berujung pada “Galau”,pasalnya dana desa yang di cairkan dari pemerintah pusat jumlahnya cukup signifikan,dan sampai saat ini belum juga ada titik terangnya.
Kendati demikian,kepala desa jangan terlalu berbesar hati dan sombong  menerima Dana Desa tersebut,mengingat pelaporan Anggaran Dana Desa (ADD) ini tak semudah membalikkan telapak tangan,salah sedikit dalam penyusunan APBDes-nya,bisa-bisa kades masuk penjara kalau salah pergunakan uang negara ini.

Kepala BPM Pemdes Kabupaten Sanggau,Siron menegaskan pencairan Dana Desa (DD) masih menunggu keputusan Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).“Kita belum tahu kapan bisa dicairkan dana desa tersebut,saat ini masih menunggu,” katanya.
Seperti diketahui dari 163 desa se-Kabupaten Sanggau,rata-rata perdesa memperoleh dana desa sebesar Rp1 miliar,ma dari itu semua desa di kabupaten sanggau belum menerima dana desa,“Seluruh Indonesia juga belum (ada yang cair). Setelah ada keputusan menteri baru ada perbupnya,” paparnya.
Sedangkan untuk Anggaran Dana Desa (ADD), Siron memastikan sudah bisa dicairkan. Sepanjang Pemerintah Desa sudah menyusun APBDes-nya. Dari 163 desa yang ada, sudah hampir semua telah menyusun APBDes-nya.
“Tim-tim kita (BPM Pemdes) juga sudah turun ke lapangan untuk membantu mereka menyusun APBDes,” ujarnya.
Ia menambahkan, baru ada empat desa yang telah rampung menyusun APBDes. Ia berharap para Kepala Desa segera menyusun APBDes guna percepatan pembangunan di desa.
Siron berpesan kepada Kepala desa untuk berhati-hati dalam menggunakan anggaran mengingat semua orang mengetahui besaran anggaran yang disalurkan.
“Sekecil apapun penggunaan anggaran akan di pertanggungjawabkan. Diharapkan anggaran tersebut digunakan sesuai pos ketentuan yang ada, ” harapnya.(Sumianto)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS