Kapuas Hulu Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Kapuas

Sabtu, 09 April 2016

Kapuas Hulu (Sorot Post)-Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu mendistribusikan bantuan kepada korban bencana banjir di 10 Kecamatan. Bantuan yang disalurkan berupa beras, sardine dan biskuit dengan menggunakan kapal motor air untuk daerah pesisir sungai kapuas, pada Rabu (6/4/16).


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Drs.H.Abdul Halim, menjelaskan bahwa Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk korban bencana alam/sosial ada 100 ton, namun yang akan kita salurkan berdasarkan jumlah jiwa sebanyak 97.980 Kg, atau 97,98 ton beras yang akan disalurkan kepada korban banjir.
"Untuk wilayah Kabupaten Kapuas Hulu ada 10 Kecamatan yang mendapatkan bantuan dengan 19.596 jiwa korban banjir, terutama daerah pesisir sungai kapuas," ucap Halim.
Kesepuluh kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Bika, Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Jongkong, Semitau, Suhaid, Selimbau, Silat Hilir, Batang Lupar dan Kecamatan Badau. Sedangkan untuk kecamatan Batang lupar dan Kecamatan Badau sudah kita salurkan melalui jalur darat, tuturnya.
"Penyaluran bantuan ini sesuai dengan usulan masing-masing kecamatan yang menjadi korban banjir dengan rincian 5 Kg per jiwa untuk 12 hari, tuturnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L.Ain Pamero,SH, menekankan agar pendistribusian bantuan tersebut harus diberikan sesuai data yang ada. Sebab, kalau yang namanya bantuan tidak semua masyarakat mau memahaminya, tetapi harus kita jelaskan aturannya, prosesnya dan hak yang harus mereka dapatkan. "Kami juga meminta jaminan kepada para Camat dan Kepala Desa yang daerahnya mendapatkan bantuan untuk dapat mempertanggung jawabkan bahwa bantuan tersebut benar-benar diberikan kepada masyarakat yang membutuhkannya," tegasnya.
Selanjutnya bantuan ini juga harus kita kawal sampai selesai penyalurannya, sebab terkadang dalam penyalurannya masyarakat menginginkan lebih dari stok yang ada. Saya juga menilai apa yang kita lakukan ini sudah sangat maksimal, karena biasanya bantuan itu untuk kecukupan 5-10 hari, tetapi yang kita berikan ini dengan perhitungan makan normal bisa untuk 12 hari, jelasnya.
"Diminta kepada dinas terkait seperti BPBD dan Dinas Nakertransos Kabupaten Kapuas Hulu, sesegera mungkin untuk meminta kembali pemenuhan jatah beras kita, karena kita tidak tahu dalam waktu dekat ini masih ada bencana yang tidak kita duga-duga," pinta Anton.
Saya atas nama Pemerintah Daerah juga selaku Wakil Bupati Kapuas Hulu mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait serta tim yang ikut langsung dalam pengawalan pendistribusian bantuan ini, karena ini merupakan bukti kepedulian Pemerindah Daerah kepada masyarakat walaupun belum bisa kita penuhi secara maksimal. Namun paling tidak untuk sementara bisa memberikan keringanan kepada masyarakat terhadap musibah yang mereka hadapi, ungkapnya.
Mudah-mudahan dalam pendistribusian ini kita tidak mendapatkan masalah dan apapun yang sudah kita perjuangkan inilah titik maksimal yang bisa kita sampaikan kepada masyarakat, ucapnya.
"Bencana ini hanya sekedar bantuan, bukar berarti kita bisa memenuhi segala kebutuhan mereka karena kemampuan keuangan daerah juga terbatas. Tetapi maksimalkanlah bantuan ini untuk diberikan kepada masyarakat," pungkasnya. (Amrin)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS