Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan Siap Distribusikan Soal UN Daerah Pelosok

Jumat, 01 April 2016

Sintang (Sorot Post)-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sintang  sudah mulai distribusiakan Soal Ujian Nasional, khususnya untuk sekolah yang berada di daerah pelosok Kabupaten Sintang, sejak Kamis Kemarin.
Kepala  bidang pendidikan menengah dan perguruan tinggi (Dikmenti)  Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sintang, Hj.Marthalena pun memastikan pendistribusaian soal Ujian Nasional
 tersebut berjalan lancar, tanpa kendala apapun,

 Meski terdapat sejumlah titik jalan di kabupaten sintang yang hingga kini masih terendam banjir.
“Sampai sekarang tidak ada kendala, semuanya berjalan lancar,”kata kepala bidang pendidikan menengah dan perguruan tinggi Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sintang, Marthalena, kepada sejumlah awak media  Jumat (1/4) dilingkungan Disdikbbud Sintang.


Sementara, untuk pendistribusian soal UN ke sekolah yang berada di dalam Kota Sintang, pendistribusannya
baru akan dilakukan pada H-1 pelaksanaan ujian,”untuk sekolah dalam kota, soal baru kita kirim di hari minggu,”katanya.
Dia pun memastikan semua sekolah tingkat SMA sekabupaten sintang siap melaksanakan Ujian nasional yang akan di gelar pada senin sampai rabu pekan depan. Termasuk satu sekolah, SMK Neri 1 Sintang yang kali pertamanya akan melaksanakan UN berbasis computer.
“Kita sudah menyurati pihak PLN juga untuk menjamin ketersedian listrik, sampai pelaksanaan Ujian Nasional berakhir, “katanya.
 Mengenai keamanan soal menurutnya, akan terjaga dengan aman, karena soal-soal tersebut akan di diawasi penitia serta dibantu pihak kepolisian selama 24 jam, “untuk pendistribusian soal ke daerah plosok, kita juga meminta bantuan dari pihak Pores Sintang untuk melakukan pengawalan, hinga sampai ke tujuan,”tegasnya.
Bagi siswa yang akan mengikuti ujian nasional, Martha dia akrab disapa berpesan agar fokus mempersiapkan diri dengan semaksimal mungkin,”para siswa saya berharap  juga percaya diri mengerjakan soal UN nantinya. Jangan mudah percaya dengan isu bocoran soal, karena itu tidak benar,”katanya.
Selain itu  dia juga meminta, seluruh siswa yang akan mengikuti UN pada senin mendatang, untuk sementara ini benar-benar menjaga kesehatanm,”Hindari dulu kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu kesehatan. Kita mau semua siswa semuanya sehat, sehingga dapat melaksanakan UN dengan sebaik-baiknya,”pungkasnya.

Pastikan Soal UN Aman ujar, Ketua Komisi C DPRD Sintang, Tuah Mangasih
 berharap, pelaksanaan ujian di tahun ini dapat berjalan denga baik. Mengenai kemanan Soal Ujian nasional, dia pun memeinta panitia menjamin kerahasiaannya. sehingga tidak ada lagi isu-isu tentang bocoran soal, maupun kebocoran kunci jawaban.
“Pihak keamanan juga kita minta dilibatkan dalam mengawal pendistribusian soal, sampai UN tersebut selesai dilaksanakan,"katanya.
Selain itu, kepada Pihak PLN diharapkan dapat mengoptimalkan ketersediaan Listrik, selama proses Ujian Nasional berlangsung.
”kalau bisa, PLN
 jangan ada lagi lah mati lamu pada saat UN berlangsung. Apalagi tahun ini untuk SMKN 1 Sintang akan melaksanakan ujian yang berbasis komputer. Untuk itu, pihak PLN kita mintalah kerjasamanya dalam penyediaan listrik ,"pintanya.
Ditambahkannya, Khusus untuk SMK 1 Sintang yang melaksanakan UN berbasis Komputer tersebut, Tuah meminta panitia menyiapkan antisipasinya, supaya ketersedian listrik, benar-benar terjamin, "Panita harus menyediakan genset untuk antisipasinya, jika tiba-tiba PLN Biyarpet,"pintanya.
Dia pun menegaskan, Komisi C bakal turun langsung untuk melakukan pantauan, proses pelaksanan ujian nasional nantinya, "Hari senin kita akan turun ke sekolah-sekolah yang melaksanakan UN, untuk  melihat langsung  bagaimana pelaksanaannya,"kata Tuah.
Kepada seluruh Siswa yang akan mengikuti UN, Tuah ber pesan agar tidak mudah percaya mengenai
 isu bocoran kunci jawaban, “Para Siswa, kita harapkan percaya diri, dan tenang melaksanakan UN ini nantinya,"pungkasnya.(Sus)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS