648 PKL PASAR BERINGIN SINGKAWANG AKAN DIPINDAHKAN KEPASAR ALIANYANG

Sabtu, 02 April 2016


Singkawang (Sorot Post)- Pemkot Singkawang akan segera merevitalisasi Pasar Ali Anyang untuk mewujudkan kota tersebut menjadi kota jasa dan perdagangan sebagai salah satu penggerak utama ekonomi setempat selain sektor wisata. Sebanyak 648 pedagang kaki lima dari Pasar Beringin akan dipindahkan ke Pasar Ali Anyang.



Menurut Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Kota Singkawang, Awang Herman di Singkawang,”untuk memaksimalkan keberadaan Pasar Ali Anyang itu, nantinya Bank Indonesia juga berencana memberikan bantuan “videotron” supaya masyarakat mengetahui harga-harga barang kebutuhan pokok. Dan untuk menunjang sektor jasa dan perdagangan, maka kondisi pasar termasuk yang harus dibenahi. Saat ini, tengah dilakukan revitalisasi Pasar Alianyang dengan realisasi 40 persen dari masterplan."

Dia mengatakan, sampai sejauh ini, yang sudah dibangun 95 kios dan 56 los dan ditargetkan, sampai akhir tahun nanti semuanya bisa dirampungkan.

"Insya Allah, awal tahun depan sudah bisa dioperasikan oleh PKL yang ada di Pasar Beringin dan Alianyang Singkawang," tuturnya.

Awang menjelaskan, untuk sumber pendanaan dari pasar tersebut, melalui APBN (Tugas Perbantuan) sebesar Rp6 miliar. Kemudian ada pula Dana Alokasi Khusus APBD Kota Singkawang sebesar Rp1,499 miliar.

Disamping itu, ada juga sumber dana dari Kementerian Koperasi dan UKM RI (Bansos dan TP).

Dia menambahkan, sumber dana dari APBN sebesar Rp6 miliar itu diperuntukkan untuk menuntaskan pembangunan komplek Pasar Alianyang tahun 2016.

"Kalau sumber dana dari DAK APBD Singkawang dan Kementerian Koperasi dan UKM itu, kita arahkan untuk pembangunan komplek Pasar Naram, Kecamatan Singkawang Utara," jelasnya.

Tujuannya, tutur Herman, selain untuk penataan PKL agar kelihatan rapi, juga memecahkan konsentrasi masyarakat sehingga tidak menumpuk di kota. Ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan akan dibangun pasar-pasar serupa di tiap kecamatan.(Hendra)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS