10 Hektare Disiapkan Pengembangan Bawang Merah

Jumat, 08 April 2016


Sintang (Sorot Post)- Keluhan mahalnya sejumlah komoditi di Kabupaten Sintang di setiap tahunya ketika dimusim penghujan tiba,salah satunya tingginya harga Cabai, Ini dipengaruhi jeleknya infrastruktur,ungkap Kadistanakan Sintang Arbudin kepada Media ini Jumat,(8/4) kemarin diruang kerjanya.


 Terkait hal tersebut pihaknya bersama  Disperindagkop dan UKM sudah pernah memberi bantuan baik bibit untuk pupuk dan pelatihan pola tanam, tepatnya di Desa Pakak Kecamatan Kayan  Hilir.

 "Untuk menutupi kebutuhan sejumlah holtikultura kita bersama Disperindagkop dan UKM sudah mengupayakan membantu pengembangan Cabai di Sintang,dengan memberikan bantuan bibit,pupuk dan memberi pelatihan untuk pola tanam,"ujarnya.

Hanya saja lanjut dia jika permintaan masyarakat meningkat petani tersebut tak mampu memenuhi disamping stok yang minim juga infrastruktur yang buruk.

Selain di Desa Pakak untuk di Kabupaten Sintang ini ada yang secara mandiri sudah ada petani yang membudi dayakan tanaman Cabai ini diantaranya  dekat Bandara Soesilo ,Dikecamatan Kelam Permai juga dibeberapa desa yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian ada dan vairietas berbeda-beda mereka tidak mempermasalahkan harga.

"Tahun ini 2016  rencananya ada bantuan untuk  petani. Ini  upaya Distanakan mendorong kelompok tani menanam dan pengembangan cabai dan bawang merah ,di Sintang,"katanya.

Bantuan holtikultura di kecamatan tebelian ada 10 Hektare untuk dibeberapa desa untuk pengembangan bawang merah,serta bantuan benih dan stimulan untuk kelompok tani.(Sus)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS