Sosialisasi Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Batang Lupar

Sabtu, 19 Maret 2016


Kapuas Hulu (Sorot Post)-Sosialisasi Administrasi Kependudukan Tahun 2016 di Kecamatan Batang Lupar dilaksanakan pada hari Jum'at, (18/3) di Gedung Serba Guna Lanjak Kecamatan Batang Lupar.


Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu ini menggabungkan dari dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Batang Lupar dan Kecamatan Embaloh Hulu. Hadir pada acara tersebut narasumber dari Disdukcapil Kapuas Hulu, Camat Batang Lupar dan Embaloh Hulu, KUA kedua Kecamatan, Kapolsek dan Dandramil Batang Lupar, Kepala Desa, Puskesmas, Kepala Sekolah, UPT dan Kepala Sekolah dari perwakilan kedua Kecamatan dengan jumlah sekitar 55 peserta.
"Sosialisasi ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat pentingnya masalah Administrasi Kependudukan," ucap Gunawan,S.Sos, saat dikonfirmasi via telephone, Jum'at (18/3).
Beberapa hal yang kita bahas pada sosialisasi tersebut diantaranya membahas bagaimana kita mengejar capaian pembuatan Akte Kelahiran bagi setiap penduduk agar terpenuhi sesuai dengan target nasional, ujarnya.
"Untuk pembuatan Akte Kelahiran ini sebenarnya sudah banyak yang punya, tapi karena dulu pembuatannya masih manual dan sekarang perlu di perbarui agar bisa terinput oleh sistim online sekarang," ungkapnya.
Gunawan juga mengharapan dengan kegiatan ini kita harus jemput bola untuk memudahkan kerjasama dengan masyarakat terutama para aparatur baik ditingkat Desa maupun Kecamatan agar target kita bisa tercapai semua.
"Untuk pembuatan Akte Kelahiran ini sebenarnya sudah banyak yang punya, tapi karena dulu pembuatannya masih manual dan sekarang perlu di perbarui agar bisa terinput oleh sistim online sekarang. Bagaimana juga agar bisa singkron untuk memasukkan data manual ke sistim, sehingga bisa terbaca oleh pusat. Sebab, untuk Kapuas Hulu sendiri secara sistim masih rendah, padahal kalau secara prakteknya sistim manual ini sudah mencapai target semuanya," jelasnya.
"Kami juga khususnya di Kecamatan Batang Lupar masih ada hambatan dalam pembuatan Akte Kelahiran ini," tuturnya.
Akhirnya kita mengusulkan untuk pembuatan aktenya secara global baik melalui Kepala Desa maupun Puskesmas agar mengumpulkan data atau syaratnya untuk di jadikan satu kemudian baru kita bawa untuk diusulkan pembuatannya. Hal ini kita lakukan untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam pembuatan aktenya agar tidak bolak-balik atau bisa juga langsung ke Kabupaten untuk membuatnya, usulnya.
"Makanya kita lakukan dengan jemput bola kepada masyarakat agar target kita juga bisa tercapai," ungkapnya. (Amrin)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS