Fokus Utama Pada Perbaikan Kualitas dan Kuantitas Air

Rabu, 02 Maret 2016


Kapuas Hulu (Sorot Post)- Saat ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kapuas Hulu mulai melakukan pembenahan pada pelayanan air minum kepada masyarakat. Banyak keluhan dari masyarakat atas pelayanan pendistribusian air yang selama ini kurang memuaskan bagi konsumen. Padahal kita ketahui penyertaan modal yang Diberikan Pemkab Kapuas Hulu kepada PDAM ini cukup besar setiap tahunnya, tapi bukannya pelayanan makin meningkat malah jalan ditempat. 

Dalam rangka untuk meningkatkan jangkauan pelayanan serta kualitas maupun kuantitas distribusi air, salah satu yang paling utama adalah menekan kebocoran. Kita untuk wilayah distribusi ada Kota Putussibau dan Kedamin. Untuk kedua wilayah ini kita masih fokus untuk mencari permasalahan yang selalu dikeluhkan masyarakat. Sebab, angka kebocoran ini masih relatif tinggi dan diatas 40 persen, ungkap Muhammad Saini Hadi,S.T Direktur PDAM Kabupaten Kapuas Hulu di ruang kerjanya, Selasa (1/3/16).
Untuk wilayah distribusi Kedamin itu baru kita temukan dua titik yaitu di simpang empat masjid Darussalam jalan lintas Selatan Kelurahan kedamin Hilir yang sudah kita perbaiki walaupun hanya menggunakan cara fisual saja, tetapi kita berhasil menemukan titik bocor dan bisa diatasi. Yang kedua dijalan Lintas Timur yang sedang kita cari titik bocornya bersama dengan bagian dilapangan dengan menggunakan peralatan Ultra Sonic Glometer untuk bisa mengetahui ukuran tekanan pada masing-masing titik bocornya. "Jadi ada dua titik untuk wilayah kedamin yang kita temukan dan sudah kita perbaiki," tutur Saini, yang merupakan mantan Ketua KPUD Kabupaten Kapuas Hulu.
"Yang menjadi fokus kerja kita dalam bulan pertama ini adalah memperbaiki kualitas dan kwantitas air," katanya.
Untuk kualitas air khusus wilayah kedamin, kita sudah melakukan pergantian filter pada bak pengolah. Maka sekarang sudah agak bersih airnya walaupun belum optimal, karena masih ada alat yang namanya paket Resopoar yang belum kita bersihkan, ucapnya.
Berikutnya sambung Saini, untuk memperbaiki kwantitas air di Kedamin kita juga sedang akan mengganti pompa intek dari yang 30 liter ke 40 liter, dan masih menunggu proses alat tersebut datang. Alat ini berfungsi sebagai penghisap dari air ke bak pengolah. Sebab pompa yang sekarang digunakan yang 30 dan 15 liter secara bersama-sama sehingga dayanya besar sedangkan yang untuk didistribusikan itu kecil maka tidak efektif, jelasnya.
Untuk wilayah kedamin ini masih ada beberapa tahap lagi sampai benar-benar pendistribusian air dengan tekanan yang cukup dengan kualitas yang bagus, karena untuk wilayah kedamin ini tingkat kebocoranya paling tinggi se Kapuas Hulu. "Itu yang masih kita kejar terus untuk menekan angka kebocoran," ulasnya.
Selanjutnya untuk wilayah distribusi Kota Putussibau, sampai saat ini masih berlanjut memperbaiki jaringan di Instalasi Pengolahan Air (IPA.2) yang beralamat di jalan Iskandar Muda Kelurahan Pts Kota. Setelah jaringan itu diperbaiki maka tekanan dibeberapa wilayah kota yang tidak bisa dapat semua akan bisa lancar dan airnya sudah bersih, kata Saini.
"Sebab untuk membantu mendistribusikan pengolahan air bersihnya kemarin masih dibantu dengan air sungai kapuas langsung, maka terkadang airnya agak keruh," jelasnya.
Setelah distribusi ini selesai kami juga akan segera menyempurnakan di pengolahannya untuk kita bersihkan. Dan insyaAllah kalau ini sudah slesai untuk wilayah dalam kota airnya akan bersih semua. Kami juga akan memperbaiki sistem tranmisinya supaya air dari pengolah ini bisa terdistribusi rata kesemua wilayah atau kawasan, terangnya.
"Untuk kebocoran diwilayah Kota memang ada, tapi angkanya tidak terlalu tinggi seperti diwilayah Kedamin," tambah Saini.
Kebocoran itu bisa terjadi disebabkan pada tranmisi, tapi bisa juga pada meter pelanggan yang rusak. Kalau pada pelanggan bisa karena meternya yang rusak bahkan karena pencurian. Setelah ini semua nanti sudah selesai, baru kita lakukan penertiban secara besar-besaran terhadap pelanggan dengan memeriksa meteran, ujarnya.
"Untuk wilaah kota, dalam bulan Maret ini target kita air sudah lancar dan bersih," tutur Saini.
Kami juga memohon maaf dan menghimbau kepada masyarakat kalau memang dalam beberapa waktu terakhir air kadang-kadang tidak mengalir dengan lancar, dan kalau sudah selesai semua perbaikan ini kami akan hidupkan kembali, tutupnya. (Amrin)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS