64 Anggota TNI Ikuti Tes Urine

Jumat, 04 Maret 2016

Sintang, (Sorot Post)- Sebanyak 34 an anggota kodim 1205/Sintang ditambah 30 anggota Korem 121/Abw ikuti tes urine.hal ini untuk antisipasi terjadinya penggunaan obat-obatan terlarang baik miras,narkotik dan obat terlarang  lainya.

Pagi itu tepat pukul 9.35 wib Jumat (4/3) anggota Kodim 1205/Sintang berkumpul untuk mengikuti jalanya pengambilan sample tes urine. 

Pasi Intel Kodim 1205/Sintang NRP 538070 Kapten Infantri Sugeng menegaskan giat yang digelar saat ini merupakan perintah Presiden RI melalui Panglima TNI.Panglima jendral TNI Gatot Nurmantiyo  

Dalam  pengambilan sampel urine tersebut diambil secara acak  perwakilan dari semua anggota di masing-masing staf baik dari tamtama maupun bintara.

“Ini untuk melakukan pengecekan kepada seluruh anggota di jajaran Kodim 1205/Sintang untuk mengetahui apakah ada atau yang terlibat dalam penggunaan obat-obatan terlarang” terang Pasi Intel Kodim.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula  Makodim tersebut tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya terhadap seluruh anggota jajaran, sehingga hasil dari kegiatan yang terlaksanakan secara mendadak dan tanpa diketahui oleh anggota tersebut hasilnya diharapkan benar-benar maksimal dan bukan rekayasa.

Sedangkan untuk tim penguji, beberapa pihak yang dilibatkan diantaranya adalah petugas dari Rumkit Pratama Sintang.

“Jika terbukti hasil dari rangkaian kegiatan tes urine  ini terdapat anggota kami yang positif menggunakan obat-obatan terlarang itu maka sanksinya mereka akan diberhentikan dari jabatan ” pungkasnya tegas.

Kegiatan tes urine tersebut merupakan bentuk salah satu kegiatan dan komitmen agar para anggota TNI  terhindar dari Narkoba.


Salah satu anggota unit Intel kodim 1205/Sintang Azis serka NRP  31940596260872  Hamin Unit Intel menyambut baik atas  dilakukan tes urine ini dia sangat mendukung,  dengan digelarnya giat ini secara otomatis akan diketahui pengkonsumsi obat-obatan terlarang.

"Saya sangat menyambut baik giat yang  dilakukan oleh bidang staf 1 inteljen.
Ini intinya bagi anggota yang kedapat memakai atau pengguna obat terlarang akan cepat ketahuan."Ujar Azis. 

Letu CKM Rahadiyan tim kesehatan Rumkit Pratama menjelaskan bahwa hasil sample urine yang diambil ini tidak nunggu lama hanya 1 menit saja .  

"Hasilnya bisa langsung diketahui hanya menunggu 1 menit saja jadi tidak lama,"terang Rahadjan.

Dengan hari yang sama pengambilan sample tes urine juga dilakukan  pihak  Korem 121/Abw,di jalan Pangeran Kuning No.1 Sintang.  Diawasi oleh petugas Provost  serta petugas Piket Korem 121/Abw. 

Untuk anggota Korem 121/Abw ada 30 Orang staf yang diambil sample urinenya.Pelaksanaan test sampel Urine tersebut selain langsung dilakukan dari pihak Denkesrem 121/Abw, yaitu Lettu CKM  Rahadjan juga  Kepala BNN Kabupaten Sintang Agus Ahmadin.

Dari semua hasil pemeriksaan tersebut diketahui tidak ada satupun prajurit Korem yang terbukti menggunakan Narkoba. Disamping itu kegiatan tersebut juga untuk sosialisasi dalam mencegah dan memberikan penyuluhan, pemahaman serta larangan kepada Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Korem untuk tidak menggunakan obat-obatan  Narkoba baik di Wilayah Kabupaten Sintang, khususnya Satuan Korem 121/Abw dan sekitarnya.

Bagi anggota yang  menggunakan Obat-obatan yang terlarang seperti Narkoba akan mendapatkan sanksi dan hukuman berdasarkan peraturan perundang-undangan dan Hukum Militer yang sudah ditetapkan.  Pimpinan TNI sudah menyampaikan perintah bahwa “Sanksinya bagi para prajurit TNI yang terlibat dan terbukti memakai  maupun sebagai pengedar akan dipecat” dari kedinasan/Instistusi TNI.Giat di Korem ini dipimpin langsung oleh Kasiintelrem 121/Abw Kolonel Inf R. Suranto, S.I.P.
Diketahui sebelumnya, TNI Angkatan Darat (AD) telah memecat anggota yang bertugas di satuan Kodam V/Brawijaya, karena terbukti mengonsumsi narkotika. Yakni, Serka Didik Afandi yang bertugas di Kodim 0827/Sumenep Korem 084/Bhaskara Jaya, ia mendapat sanksi pemecatan atau pemberhentian dengan tidak hormat dari dinas keprajuritan TNI AD(Sus)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS