Musrenbangdes Putussibau Utara Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan

Jumat, 19 Februari 2016

Putussibau (Sorot Post)-Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat desa di Kecamatan Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu, telah usai. Rata-rata dari 17 Desa dan 2 Kelurahan di Kecamatan Putussibau Utara itu menginginkan pembangunan yang hampir sama.

Hampir sebulan kita melakukan kegiatan Musrenbangdes ini mulai bulan Januari sampai Februari 2016. Pada umumnya desa-desa masih memprioritaskan pembangunan jalan antara desa dan jalan lingkungan, ujar Camat Putussibau Utara, Drs.Hermanus Susanto, Jum'at (19/2).
Berdasarkan sejumlah usulan yang disampaikan oleh masyarakat di desa ada 4 (empat) item, diantaranya pembangunan jalan, pendidikan, kesehatan dan pembangunan jaringan komunikasi. Namun yang paling fokus masyarakat lebih menginginkan peningkatan pembangunan infrastruktur jalan desa, ucapnya.

"Pembangunan infrastruktur itu meliputi, pembangunan jalan-jalan utama antar desa dan jalan lingkungan," ungkap Hermanus.
Bidang pendidikan, masyarakat mengusulkan masalah kekurang guru dan perbaikan baru sekolahnya. Bidang kesehatan tenaga medis serta sarana dan prasarana masih banyak serba kekurangan, sehingga terkadang pelayanan kesehatan di desa-desa masih sangat terbatas, papar Camat.

Sementara itu tambah Hermanus, masalah jaringan komunikasi masih banyak desa-desa yang belum ada jaringan komunikasinya, sehingga sangat sulit dan susah ketika akan mengakses informasi melalui internet. Sebab sekaran ini untuk membuat profil desa serta untuk anggaran DD harus lewat oneline untuk mengaksesnya, sehingga mereka tidak harus bolak-balik ke Kecamatan hanya untuk mengaksesnya, jelasnya.

Prioritas lain, disampaikan pak Camat adalah masih banyaknya desa-desa yang belum ada jaringan listriknya. Karena masalah listrik memang selalu menjadi permintaan masyarakat setiap musrenbangdes. "Kita juga akan mengusulkan semua usulan pada musrenbang Kabupaten nantinya," ujarnya. (Amrin)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS