Jembatan Tayan Bakal Jadi Aset Wisata Kalbar

Senin, 22 Februari 2016

Sanggau (Sorot Post) - Jembatan Tayan yang melintasi Sungai Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sepanjang 1.440 meter dan lebar 11 Meter mulai dibangun dengan biaya sekitar Rp 1 Triliun. Infrastruktur ini akan menghubungkan Kalimantan Barat dengan tiga provinsi lain di Pulau Kalimantan sehingga bisa meningkatkan mobilitas warga.  
Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menuturkan, peningkatan mobilitas warga akan berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian. ”Selama ini, warga harus menggunakan kapal feri penyeberangan. Setelah jembatan itu jadi, akses masyarakat makin mudah sehingga perekonomian pun terdorong,” kata Cornelis.
Ia juga mengatakan Jembatan tayan ini bakal jadi ajang aset wisata lokal kalbar,seperti yang terpantau saat ini banyak warga kalbar yang melancong dari berbagai daerah nampak berduyun-duyun menikmati ke indahan jambatan tayan tersebut,bukan hanya kaum ABG saja yang terhipnotis akan ke indahan jembatan ini,melainkan kaun dewasa pun nampak antusias mengunjungai jembatan terpanjang di kalimantan ini.

“kalau hari libur,jembatan tayan ini pasti ramai di kunjungan warga,selain tempat santai juga hal ini tentunya membawa dampak positif bagi warga tayan yang berjualan di sekitar jembatan ini,”ujarnya.
Hal serupa juga di paparkan oleh Lisa,Nani,Rita Sabina dan kawan-kawannya,ia menjelaskan,ke indahan jembatan tayan saat ini menjadi primadona kaum muda-mudi,dan sampai saat ini banyak pengunjung mendatangi ke indahan jembatan ini,selain jembatan tayan yang menjadi idola warga kalbar,juga pembangunan jembatan ini penghubung warga ketapang dan sekitarnya.
“yang pasti senang bangetz  kami dapat berkunjung ke jembatan tayan ini,selain lingkungannya bersih juga panorama pulau tayan dan bentuk bangunan jembatannya memiliki nilai tersendiri,”paparnya.
Seperti yang kita tahu,Jembatan Tayan ini menghubungkan Desa Tayan dan Desa Piasak, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau. Ini adalah infrastruktur utama untuk menghubungkan jalan trans-Kalimantan poros selatan di wilayah Kalbar. Jalan trans-Kalimantan poros selatan, tahun lalu, sudah menghubungkan Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Sanggau. Setelah Jembatan Tayan selesai dibangun pada 2014, Kabupaten Sanggau akan terhubung dengan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.(Sumianto)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS