JAROT-ASKIMAN RESMI PIMPIN SINTANG 5 TAHUN KE DEPAN

Jumat, 19 Februari 2016

Sintang,(Sorot Post)- Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, MH melantik dr. H. Jarot Winarno, M. Med. Ph sebagai Bupati Sintang dan Drs. Askiman, MM sebagai Wakil Bupati Sintang periode 2016-2021 di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar Jalan Ahmad Yani Pontianak pada Rabu, 17 Februari 2016. Pelantikan Jarot-Askiman bersamaan dengan 5 hasil pilkada serentak lainnya yakni Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang, Bengkayang dan Sekadau.

Gubernur Kalbar Cornelis dalam arahannya menyampaikan Saya hanya ingin menyampaikan pesan Bapak Presiden RI. “Kepada Bupati dan Wakil Bupati untuk segera bekerja. Jangan hanya bekerja di belakang meja. Wujudkan visi dan misi selama kampanye. Pesan Komisi Pemberantasan Korupsi agar segera menyerahkan ijin tambah di kabupaten kepada Gubernur. Kalau tidak dilaksanakan, maka ijin tambang akan saya cabut. Selamat kepada bupati dan wakil bupati yang sudah terpilih semoga tuhan menyertai pekerjaan saudara semua. Saya juga mengklarifikasi ada isu yang menyebutkan saya menghalangi dan tidak mau melantik bupati dan wakil bupati terpilih dalam pilkada serentak. Saya bisa membedakan posisi saya sebagai ketua partai, sebagai gubernur dan sebagai ketua DAD Kalbar. Saya mohon maaf pelantikan dilaksanakan di tempat yang sempit seperti ini, saya sebenarnya ingin pelantikan dilaksanakan di tempat terbuka supaya semua bisa hadir dan melihat baik wartawan, keluarga dan pendukung. Tetapi staf saya bilang takut hujan dan sebagainya. Maka diputuskan pelantikan dilaksanakan di Balai Petitih ini.
Selain pelantikan  dr. H. Jarot Winarno, M. Med. Ph sebagai Bupati Sintang dan Drs. Askiman, MM sebagai Wakil Bupati Sintang periode 2016-2021. Gubernur Kalbar Cornelis juga menyerahkan piagam penghargaan dan SK Pemberhentian Penjabat Bupati Sintang Dr. Drs. Alexius Akim, MM


Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah janji, penandatanganan fakta integritas, pemasangan tanda jabatan, dan penyerahan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia oleh Gubernur Kalbar kepada Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik.

Pelantikan  dr. H. Jarot Winarno, M. Med. Ph sebagai Bupati Sintang sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.61-400 Tahun 2016 tentang pengangkatan Bupati Sintang dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 131.61-39 Tahun 2016 tentang pemberhentian Penjabat Bupati Sintang serta Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 132. 61-401 Tahun 2016 tentang pengangkatan Wakil Bupati Sintang.

Turut menghadiri pelantikan tersebut Sekretaris Daerah Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Ny. Hj. dr.  Fauziah Zainal Ikhsan Jarot Winarno, M. Med. Ph, Ny. Rosinta Askiman, Ketua DPRD Sintang Jefray Edward, SE, M. Si, Tery Ibrahim dan Sandan Wakil Ketua DPRD Sintang, dan Anggota Forkompinda Kabupaten Sintang.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sintang Kurniawan menjelaskan bahwa mengingat kondisi perekonomian yang sedang tidak baik yang ditunjukan dengan rendahnya harga karet dan sawit di Kabupaten Sintang, Bupati dan Wakil Bupati Sintang sangat prihatin dan sudah sepakat untuk menggunakan mobil Toyota Avanza Veloz sebagai kendaraan dinas operasional untuk KB 1 E dan KB 5 E. “semua itu dalam rangka efisiensi anggaran dan bentuk keprihatinan akan kondisi perekonomian masyarakat yang mayoritas mengandalkan karet dan sawit” terang Kurniawan.
Usai acara pelantikan dan pemberian ucapan selamat, bertempat Sekretariat PKK Propinsi Kalbar di Jalan Sutoyo Pontianak, Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kalimantan Barat Ny. Frederika Cornelis melantik Ny. Rosinta Askiman sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang disaksikan oleh Ny. Hj. dr.  Fauziah Zainal Ikhsan Jarot Winarno, M. Med. Ph dan segenap jajaran pengurus PKK Kabupaten Sintang. 

Pada Pilkada 9 Desember 2015 lalu dan berdasarkan hasil rekapitulasi pada KPU Kabupaten Sintang pada Rabu, 16 Desember 2015 diperoleh hasil Pasangan Nomor Urut 1Agrianus. S. Sos, M. Si - Muhammad Chomain Wahab, SH memperoleh 67. 320 suara (29, 93%), Pasangan Nomor Urut 2 Drs. Ignasius Juan, MM - Drs. Senen Maryono, M. Si memperoleh 63. 811 suara (28, 37%) dan Pasangan Nomor Urut 3 dr. H. Jarot Winarno, M. Med. Ph- Drs. Askiman, MM memperoleh 93, 778 (41,90 %). (Sus)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS