Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

DPRD Sintang Gelar Sidang Paripurna Istimewa Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sintang

Selasa, 02 Februari 2016


Sintang (Sorot Post) - DPRD Sintang akhirnya menggelar Paripurna Istimewa Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sintang, Selasa (2/2).


Hasil Paripurna Tersebut pun langsung akan di serahkan ke Provinsi untuk diteruskan ke Kemendagri  sebagai syarat administrasi kelengkapan administrasi pelantikan.

"Hari ini, hasil paripurna langsung akan di krim Sretariat DPRD  ke provinsi, mudah-mudahan tidak ada lagi yang kurang," kata Ketua DPRD Sintang Jefray Edward saat di temui usai Paripurna Istimewa penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sintang di Gedung DPRD.

Dalam kesempatan itu, Jeffray pun membantah opini  perselisihan antara bupati terpilih yang dikaitkan-kaitkan dengan molornya jadawal Paripurna Istimewa Penetapan Bupati dan wakil Bupati. "Kalau soal  sentimen itu tidak ada, bahkan saya sudah menandatangi surat pengantar untuk memproses penetapan ke gubernur pada bulan desember yang lalu," katanya.

Hanya saja dalam perjalanan, kata Jeffray, ada aturan baru melalui surat edaran mendagri, yang  mengahruskan, melampirkan hasil Paripurna istimewa oleh DPRD.

Kemudian guna mengantisipasi kekurangan kelengkapan persyaratan pelantikan lainnya, pihaknya kemudian kembali berkonsultasi ke kemendagri mengenai tata cara pelantikan. "Jadi kita sangat mendukung proses kelengkapan persyaratan pelantikan tersebut, namun tentu harus sesuai dengan prosedur,"pungkasnya.

Jeffray meminta  agar tidak ada lagi pihak yang beropini  mengenai adanya perselisihan lembaga DPRD dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Pasalnya hal itu tidak benar.

Mengenai kepastian pelantikan, Jeffray mengatakan, hal itu merupakan kewenangan mendagri,"Sampai saat ini, belum ada keputusan resmi dari mendagri mengenai jadwal pelantikan tersebut,"katanya.
Namun lanjut Jeffray diwacanakan, pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih melalui pilkada serentak tersebut akan dilaksanakan dalam dua gelombang.

Hal senada dikatakan Sekretaris Dewan Abdul Sufriyadi,bahwa  dilaksanakanya sidang paripurna istimewa Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sintang,ini merupakan hasil dari Banmus yang telah digelar pada kemarin Senin,(1/2)dan itu untuk merespons surat edaran Menteri Dalam Negeri Tjahhjo Kumolo Nomor 100/140 tertanggal 19 Januari 2016 tentang penetapan pasangan bupati- wakil bupati terpilih.

Dalam suratnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyebutkan, DPRD kabupaten/ kota mengumumkan dalam rapat istimewa hasil penetapan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati serta pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih oleh KPU kabupaten/kota sebelum disampaikan kepada mendagri melalui gubernur.

Abdul Sufriyadi menjelaskan, hasil sidang paripurna istimwa ini  akan dikirimkan ke mendagri melalui Gubernur Kalbar  agar bupati-wabup terpilih bisa dilantik. Dia  berharap, pasangan Jarot- Askiman segera dilantik dalam waktu dekat.

“Lebih cepat lebih baik. Toh, semua sudah siap dan tak meninggalkan persoalan,” katanya.  Dia menyatakan, sidang paripurna istimewa ini  berjalan dengan lancar dan efisien,"ujarnya.

Sementra Bupati terpilih Jarot Winarno menyampaikan ucapan terimakasihnya.  kepada DPRD yang sudah melaksanakan Paripurna Istimewa penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Mengenai rumor perselisihan yang dikaitkan dengan molornya  paripurna istimewa tersebut, Jarot mengklarivikasi, bahwa hal itu tidak benar. "Jadi tidak ada masalah dengan DPRD, saya menilai,  DPRD bertindak sesuai dengan aturan, dan kehati-hatian,"katanya.Secara khusus, Jarot menyampaikan penghargaan kepada seluruh masyarakat Sintang yang telah mempercayakannya untuk memimpin kabupaten sintang lima tahun kedepan."Saya berharap semua masyarakat mendukung kita dalam melaksanakan pemerintah,"katanya.Terkait dengan jadwal pelantikan, Jarot  pun belum mengetahui secara pasti kapan akan di laksanakan,"Kita belum tau tanggal berapa, bulan berapa. Jadi harap semuanya bersabar, dan tenang,"katanya.ditempat yang sama, Ketua Pondok Aspirasi Pemenangan Jarot-Askiman, Danil Setiawan mengajak seluruh masyarakat sintang agar mengawal proses pelantikan. "Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini merupakan pilihan rakyat sintang semuanya,"katanya.Kemudian, dia juga  berharap hasil paripurna istimewa penguman dan penetapan secepatnya di sampaian ke provinsi,"Mudah-mudahan tidak ada lagi hambatan, dan segera di sampaikan ke mendagri,"katanya.Menurutnya, pelantikan gubernur, bupati dan walikota terpilih dalam pemilukada serentak akan dilakukan di istana negara.(Sus)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS