Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

Dinas Tenaga Kerja Kab.Landak Berangkatkan 6 Orang Untuk Mengikuti Pelatihan

Kamis, 04 Februari 2016

Landak (Sorot Post)-Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Landak memberangkatkan 6 orang untuk mengikuti Peluncuran Perdana Program Pemberdayaan Tenaga Kerja Non Prosedural melalui kerja sama lintas sektor instansi Pemerintah, BUMN, BUMD dan swasta di BLKI Entikong Kabupaten Sanggau Kapuas Rabu (3/2).

Ke 6 orang yang di berangkat dari Kantor Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Tranamigrasi Landak pada pukul 10.00 Wiba tersebut yaitu: Asdi dan Roberto dari Kecamatan Menyuke, Heryanto dan Bonifasius dari Kecamatan Ngabanng serta Rano dan Ade dari Kecamatan Mandor

Keberangkatan mereka didampingi Kabid Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Landak, Yudhi Kuswara menggunakan mobil.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Landak, Mochtar diruang kerjanya mengatakan, kalau mereka sudah terlatih dan memiliki keterampilan bisa kita manfaatkan baik di Kabupaten maupun Kecamatan,”katanya.

Dengan adanya program pelatihan seperti ini, setidaknya dapat mengurangi tenaga kerja kita keluar negeri, khususnya tenaga kerja kita di Kabupaten Landak. Selain itu, bagi mereka yang belum mempunyai keterampilan, dengan adanya pelatihan ini bisa mendapat keterampilan sesuai dengan bidangnya,”lanjutnya.

Kadis berharap kepada 6 orang yang diberangkatkan dari Kabupaten Landak, kalau mereka sudah di latih sesuai dengan bidangnya agar tidak disia-siakan, sehingga bermanfaat baik untuk diri sendiri mau untuk orang lain.

Program Tahun 2016, permintaan Bupati Landak Adrianus Asia Sidot Ke Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi setiap tahunnya  mengadakan pelatihan-pelatihan keterampilan gunanya untuk mengurangi pengangguran di Kabupaten Landak,” kata Mochtar.

Kabid Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Landak, Yudhi Kuswara menjelaskan, mereka yang berangkat ke BLKI Entikong untuk dilatih selama satu bulan, Menurutnya, bukan hanya dari Kabupaten Landak saja yang mengikuti pelatihan keterampilan ini, namun semua Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat di minta untuk mengirim sebanyak Enam orang,” jelasnya.

Dari masing-masing Kabupaten yang diberangkatkan ini, akan diberikan pelatihan baik jurusan las, servis AC menjahit dan teknisi Computer, tergantung minat peserta yang cocok.

Program perdana dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kalimantan Barat, baru tahun 2016 ini di luncurkan, kalau setiap tahun Kabupaten Landak diminta, kita siap untuk mengirimkan tenaga, karena boleh dikatakan dari data pencari kerja di Kabupaten Landak Januari sampai Desember tahun 2015 yang membuat Kartu Kuning AK 1 itu berjumlah kurang lebih 1300 orang dan ini agak menurun dibandingkan tahun 2014,”jelasnya.

Harapanya dengan mereka sudah dilatih, tentu mereka sudah mendapat keterampilan, pengetahuan yang menjadi bekal mereka mencari kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri, nah inilah salah satu tujuan pelatihan di BLKI Entikong ini,”pungkasnya (PWRI/Red)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS