Deteksi Perkembangan dan Kecerdasan Anak

Rabu, 24 Februari 2016

Kapuas Hulu (Sorot Post)-Dalam rangka mencerdaskan serta menumbuh kembangkan anak baik sehat secara jasmani maupun rohani, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Batang Lupar mengadakan kegiatan yang dikenal dengan nama Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Anak dilakukan di TK Negri Pembina Lanjak pada wilayah Puskesmas Batang Lupar, pada Senin (22/2/16).


Marsya Shinta selaku pegawai Puskesmas Batang Lupar mengatakan bahwa, salah satu upaya kita untuk mendapatkan anak seperti yang kita inginkan adalah dengan melakukan upaya pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan melakukan stimulasi, mendeteksi dan mengintervensi dini tumbuh kembang anak.
"Pertumbuhan dan perkembangan adalah bertambahnya ukuran fisik si anak dari waktu ke waktu serta bertambahnya fungsi tubuh si anak," ucapnya.
Di jelaskan Shinta, stimulasi adalah kegiatan merangsang kemampuan dasar anak umur 0-6 tahun agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Deteksi adalah kegiatan/pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pada balita dan anak pra sekolah.
Sedangkan Intervensi adalah suatu tindakan tertentu pada anak yang mempunyai perkembangan dan kemampuan menyimpang karena tidak sesuai dengan umurnya, tambahnya.
"Kita melakukan kegiatan ini bekerja sama dengan anak-anak Nusantara Sehat dan dihadiri juga oleh semua orang tua murid TK Negeri Pembina Lanjak, untuk mengetahui sampai dimana perkembangan serta kecerdasan anak," tutur Shinta.

Ramiyati Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Lanjak menambahkan bahwa, suksesnya kegiatan ini tidak luput dari peran orang tua dalam mendidik serta membina anak baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan masarakat. Sebab, saat ini sangat rawan pengaruh terhadap anak-anak kita kedepannya, tuturnya.
Harapan kami juga dari pihak sekolah dengan adanya kegiatann ini, supaya anak didik kami dapat berpikir secara luas dan pintar serta kreatif, harap Ramiyati. (Amrin)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS