Inspektorat Sintang Belum Menemukan Pelanggaran Proyek

Selasa, 08 Desember 2015

Sintang (Sorot Post)- Antisipasi agar tak ada temuan serta  terjadi  tindak pidana terhadap penyalahgunaan serta kesalahan administrasi, Kepala Inspektorat, A Biong, mengingatkan kepada pelaksana proyek ditiap intansi.
" kita selalu wanti-wanti  kepada pengguna anggaran disetiap kesempatan,baik rapat evaluasi maupun kesempatan lainya Jangan ada kecurangan-kecurangan,misalnya anggaranya ada, tapi tidak dikerjakan. Atau ada sisa anggaran tetapi tidak dilaporkan. Ini jelas-jelas kecurangan ," Katanya usai Rapat evaluasi serapan aggaran 2015 di aula Pendopo rumah dinas Bupati Sintang kemarin.


Dia mengatakan, bahwa setiap program yang dikerjakan rentan, dikenakan jeratan hukum.Apalagi yang jelas-jelas melanggar hukum.

"Maka  perlu diantisipasi, jangan sampai ada indikasi-indikasi.Karena rawan dan  bisa dikenakan pasal kelalaian, atau pembiaran," ujarnya.

Kendati demikian pihaknya memastikan dari hasil pemantauan, pelaksanaan pembangunan pada 2015 ini, pihaknya belum menemukan adanya indikasi, penyalahgunaan, atau temuan yang sifatnya,pelanggaran dan sebagainya.
"Jika  terjadi ada proyek belum tuntas, dan sebagainya,  Itu terjadi karena faktor ekternalnya. Mungkin, SDM alamnya. Kemudian ada sistem penganggaran pusat yang kadang  tidak konek," ungkapnya.
Dia mencontohkan, ada Dana AlokasiKhusus (DAK) yang dikucurkan tetapi belum bisa dilaksanakan dikarenakan, tidak ada Petunjuk Pelaksanaan, (Jutlak) dan Petunjuk Teknis (Juknis)nya.
"Jadi bukan persentasinya sisanya yang besar, tetapi tidak ada Jutlak dan Juknisnya sehingga belum dapat terlaksana," ungkapnya.(Sus)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS