Bupati Sintang Saat Memberi Sambutan Acara GSC Kesehatan Ibu Dan Anak Itu Penting

Senin, 07 Desember 2015


Sintang (Sorot Post.com)-Penjabat Bupati Sintang, Akim didampingi  Kepala BPMPD membuka secara resmi kegiatan “Workshop Koordinasi Kabupaten Sintang Program  Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Tahun 2015 yang berlangsung di Aula Hotel Cika, Jl Y.C Oevang Oeray Sintang, Jumat lalu yang dihadiri oleh. Kepala Inspektorat Sintang, Kepala Kantor Kementrian Agama Sintang, Para Narasumber, dan para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.


Kesempatan itu, Kepala BPMPD,H. Hotler Panjaitan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelatihan kepada para peserta untuk memprogramkan generasi sehat dan cerdas (GSC) didalam pemberdayaan masyarakat, serta untuk mendorong partisipasi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan atau kelompok perempuan dalam pengambilan keputusan perencanan, pelaksanaan, pemantauan, dan pelestarian pembangunan serta mendorong kemandirian masyarakat dalam mengakses layaanan kesehatan dan pendidikan.”kata Hotler.

“Kegiatan ini diikuti  peserta dari masing - masing  Kecamatan sebanyak 4 orang, Pemeritah  Kabupaten Sintang  16 orang,perwakilan dari SKPD , serta narasumber yang diambil dari, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dan Konsultan. “Tambah Hotler.
Kesempatan yang sama  Penjabat Bupati Sintang, Alexius Akim mengatakan ,program generasi sehat dan cerdas ini adalah program fasilitasi untuk menggerakkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan ibu dan anak serta pendidikan dasar dan menengah pertama, serta dalam rangka membantu mempermudah masyarakat dari kelompok miskin dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terutama ibu dan anak sehingga peningkatan derajat kesehatan dapat terwujud dengan peningkatan akses pendidikan. Kata Akim.

“Keseimbangan, kemampuan SDM itu harus diutamakan, melalui kebijakan ini kita mulai berfikir bagaimana pembangunan dengan memulai dari sumber daya manusia , Tingkatkan terus alur koordinasi dengan proses pengontrolan yang harus dan  tetap terjaga.”Pinta  Akim.

Masih kata Akim,  untuk meningkatkan program jangan hanya tergantung pada 1 sektor, semua harus dikoordinasikan ke beberapa sektor untuk mementingkan hasil yang maksimal dan difikirkan untuk ke depan,akan tetapi bagaimana kita merancang APBD untuk perbaikan SDM, tidak ada artinya jika kita membangun Sumber Daya Manusia tetapi tidak dimanfaatkan secara maksimal.”papar Akim

 “Dengan adanya kegiatan ini semua tantangan kedepan dapat kita hadapi dengan baik, sesuai dengan mekanisme program yang berlaku, sehingga tujuan program dapat tercapai, serta dapat bersinergi dalam upaya untuk mensosialisassikan kebijakan-kebijakan program, menemukan strategi baru untuk memecahkan masalah, dan manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini agar tujuan dapat tercapai dengan sempurna” harap Akim. (sus)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS