Pemuda Adalah Pemimpin Masa Kini

Rabu, 28 Oktober 2015

Oleh: Glorio Sanen
Pada 28 Oktober 1928 merupakan tonggak sejarah penting bagi Bangsa Indonesia karena pada saat itu dilaksanakanya Kongres Pemuda II yang mana Kongres Pemuda I dilaksanakan pada tahun 1926. Kongres Pemuda ini yang menghasilkan Sumpah Pemuda dengan 3 Poin Penting : Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa.

Peran Pemuda bagi Bangsa Indonesia tentunya mengambil peran yang strategis hal ini bisa diliat dari masa ke masa mulai dari fase pertama 1905 – 1927 Para Pemuda mempelopori pergerakan kemerdekaan Bangsa Indonesia melawan Kolonialisme dan pada saat itu rata –rata usia mereka 20 – 30 tahun seperti Sutomo dan Gunawan Mangunkusumo beserta kawan-kawannya ketika mendirikan Budi Utomo pada 20 Mei 1908 mereka semua berusia 20-25 tahunan.
Pada Fase ke 2 pun dari tahun 1928 – 1945 hingga reformasi Pemuda selalu menjadi actor Utama dalam memimpin perubahan di Indonesia. Catatan Sejarah ini tentunya harus menjadi tolak ukur Gerakan Pemuda di Indonesia saat ini walaupun dari masa ke masa tantangan Pemuda Indonesia berbeda beda.
Saat ini tentunya tantangan Pemuda Indonesia yaitu : Narkoba, HIV, Ideologi radikal yang tidak sesuai dengan Pancasila. Saat ini perlu diakui bahwa Pemuda tidak mengambil peran yang strategis di Pemerintahan dan Politik bisa kita lihat cukup sulit menemukan Pemuda yang memimpin di suatu daerah (Kepala Daerah) atau Partai Politik.
Pandangan yang mengatakan “Pemuda Ialah Pemimpin Masa depan” tentunya bukan Pandangan yang keliru namun perlu disadari bahwa Pra Kemerdekaan dan Pasca Kemerdekaan Pemuda selalu mengambil peran yang strategis dalam Berbangsa sehingga menjadi tantangan Pemuda dimasa kini untuk mengambil Peran yang Strategis pula dalam semua aspek baik Pemerintahan mauapun Politik, dan tentunya sangat tepat jika Pemuda menjadi pemimpin masa kini.
Penulis: Ketua Umum Barisan Pemuda Adat Nusantara Wilayah Kalimantan Barat

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS