Indonesia Berencana Memberi 47 Negara Fasilitas Bebas Visa

Kamis, 03 September 2015

Australia (Sorot Post) - Pemerintah Indonesia berencana untuk memberikan fasilitas bebas visa bagi 47 negara pada bulan Oktober. Salah satu negara yang akan menerima fasilitas itu adalah Australia.


Dikutip dari harian The Australian, Kamis, 3 September 2015, sayangnya rencana serupa tidak memperoleh respons dari Negeri Kanguru.

Hal itu terungkap dalam pertemuan sarapan antara Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi dengan Menlu Julie Bishop di Sydney, Australia pagi tadi. 

Bishop mengatakan, pertemuan dengan Retno berlangsung hangat dan konstruktif. 

"Dia menjelaskan, Indonesia akan dengan senang hati memberikan warga Australia bebas visa, tetapi jika mereka memperoleh fasilitas serupa. Jika tidak, maka mereka tidak akan bisa melakukan hal tersebut," kata Bishop. 
Dia bersikeras kebijakan mengenai pembebasan visa tetap dan tidak ada pengecualian. Kedua Menlu juga berdiskusi mengenai perdagangan, investasi dan upaya penanggulangan anti-terorisme.

Bishop juga bersikeras hubungan kedua negara kini dalam kondisi yang baik, khususnya usai terjadi ketegangan diplomatik yang dipicu isu eksekusi mati dua warga mereka oleh Kejaksaan Agung pada bulan April lalu karena terlibat kasus narkoba. Bahkan, tali komunikasi antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Tony Abbott juga disebut-sebut sudah mulai membaik. 

Bishop sendiri mengaku dengan Retno kerap saling menghubungi melalui pesan pendek. Dia berencana untuk berkunjung ke Indonsia pada bulan Oktober mendatang. 

Sementara itu, juru bicara kelompok oposisi, Tanya Plibersek akan berada di Jakarta pada hari Kamis dan Jumat untuk bertemu dengan beberapa Menteri Indonesia. 

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS