WNI Tertangkap Saat Menyelundup Narkoba Di Tiongkok

Rabu, 05 Agustus 2015

Sorotpost  - Otoritas berwenang di Tiongkok,  16  Mei 2015 lalu menangkap dua WNI yakni Rizky Nurayuni dan Roida Arahan Sitompul yang menyelundupkan narkotika jenis metaphetamine. 


Menurut rilis yang diterimaVIVA.co.id dari kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Senin malam, 3 Agustus 2015, ini merupakan perjalanan kali ketiga yang dilakukan Rizky untuk menyelundupkan narkoba. 

Dua perjalanan sebelumnya, Rizky berhasil lolos membawa 400 dan 600 gram. Kepada staf KJRI Guangzhou yang menemuinya pada 2 Juli 2015 di Rumah Tahanan kota Shenzen, Rizky mengatakan, dia berniat menyelundupkan narkoba dari Kuala Lumpur menuju ke Hong Kong. 

"Yang menyediakan barang terlarang adalah pacarnya, warga Nigeria bernama Nelson. Dia mengaku tinggal di sekitar Pasar Puri Sedang, Kuala Lumpur," tulis BNN dalam rilisnya. 

Sementara, bagi Roida, ini menjadi perjalanan kedua dia menyelundupkan narkoba ke Guangdong. Sama seperti Rizky, di perjalana pertama, dia berhasil lolos dari pengamanan otoritas berwenang. 

"Pada hari itu, semula hanya Rizky yang ditangkap. Tetapi, karena mereka datang bersama-sama, akhirnya Roida diperiksa ulang dan akhirnya ditangkap oleh Biro Anti Penyelundupan Bea Cukai kota Shenzen," papar BNN. Jika Roida berhasil menuntaskan misi keduanya ini, maka dia dijanjikan imbalan senilai US$1.000 atau setara Rp13,4 juta. Berdasarkan informasi dari Nelson, jenis narkoba yang dibawa Roida merupakan jenis gold power. 

"Keduanya mengaku menerima pekerjaan itu, karena terdesak kebutuhan ekonomi mengingat keluarganya yang miskin dan membutuhkan uang untuk membiayai sekolah adiknya," kata BNN. 

Selama ditahan satu bulan, kedua tersangka telah diberi kesempatan untuk berkomunikasi melalui surat kepada keluarganya sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 20 Mei 2015 dan 16 Juni 2015. 

Pihak KJRI sendiri telah menyarankan agar kedua tersangka meminta penerjemah Bahasa Indonesia agar dapat berkomunikasi lebih baik saat dimintai keterangan.

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS