Iklan Hari Pahlawan nasional 10 Nov 2018

Sekitar 10 Ribu Masker Gratis Dibagikan Di Jalan Tayan Hingga Parindu

Kamis, 16 Juli 2015

Sanggau (Sorot Post) - Sekitar 10 RIbu masker dibagi oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau kepada para pengguna jalan mulai dari mulai dari simpang Ampar Tayan Hilir hingga ke kecamatan parindu kabupaten sanggau. tujuan pembagian masker ini adalah untuk menekan bertambahnya penderita penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).


"Masker ini kita bagikan untuk pengguna jalan Tayan menuju Parindu," ujar  Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan, Sarimin Sitepu. 
    

Jalur Tayan hingga parindu dipilih karena mengingat salah satu penyebab munculnya ISPA  karena kondisi udara yang tak sehat. dimana sekarang ini pada musim kemarau, kondisi ruas jalan Tayan-Sanggau berdebu.
    

"Ini salah satu upaya untuk meminimalisir penderita ISPA," timpalnya.
Hingga Juni 2015 tercatat 15.068 orang di Kabupaten Sanggau menderita ISPA. Jika merujut pada kasus bulan Mei hingga Juni tercatat adanya kenaikan dari 2.644 menjadi 2.784. "Jika kemarau terus bekepanjangan, bukan tidak mungkin angka tersebut bisa jadi bertambah," ujarnya.
    

Dinas Kesehatan Sanggau melibatkan Puskesmas Kapuas, Bodok dan Batang Tarang untuk membagikan masker gratis kepada para pengguna jalan dari simpang Ampar Tayan Hilir hingga ke Parindu . "Karena kemarau, kami melakukan pembagian masker gratis sebagai stimulasi pada pengguna agar mau menggunakan masker saat berpergian. Walaupun tidak semuanya kebagian, setidaknya hal ini bisa mengingatkan pada masyarakat yang lain untuk memakai masker, meski tidak dapat nantinya bisa membeli sendiri," jelasnya.
     
Sitepu tidak menampik salah satu penyebab ISPA adalah kualitas udara yang tidak bersih. Bisa dikarenakan kabut asap atau debu. Untuk itu pihaknya mengimbau pada masyarakat yang tinggal terutama daerah dekat dengan jalan berdebu dan kabut asap. Untuk mengurangi aktivitasnya di luar rumah. "Kalau memang harus keluar rumah, gunakanlah masker," pintanya.

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS