Proyek Air Bersih Sebakit Kec.Menyuke Tidak Berfungsi

Rabu, 15 Juli 2015


Landak (Sorot Post)- kemarau yang diperkirakan pada tahun 2015 ini pada bulan juni dan Juli akan panjang dan ini akan berdampak pada kesehatan, dan juga berdampak pada kebutuhan manusia itu sendiri yakni kebutuhan jasmani seperti air bersih, apa lagi kabupaten landak secara khusus didaerah kecamatan menyuke saat ini banyak sungai yang tercemar oleh terkontabinasi sehingga sungai itu  tidak layak dikonsumsi. Hal itu dikatakan oleh Yohanes selaku ketua DPC kabupaten Landak Lembaga Penyelidikan Pemantauan Pemberantasan Korupsi Repoblik Indonesia (LP3K-RI), dirinya sangat kecewa dan sangat prihatin atas kinerja Kontraktor yang mengerjakan Proyek Air Beraih Didaerah Sebakit Desa Ringo Kecamatan Menyuke Kabupaten Landak bahwa dari tahun 2011 sampai pada Tahun 2015 ini air tersebut tidak mengalir kerumah-rumah warga. Yohanes juga kecewa terhadap Pemerintah Provinsi dan Pusat pengawasan terhadap proyek yang ada di sebakit pasalnya proyek tersebut di danai oleh APBD tingkat 1 dan APBN Pusat. (Saya sangat prihatin melihat masyarakat Menyuke Sekarang padahal air diaebakit kalau dikelola dengan baik dan serius, masyarakat Menyuke tidak ke walahan mencari air bersih apalagi pada musin kemarau. Proyek itu gagal dan Pemerintah Provinsi dan Pusat tidak tanggap atas kegagalan proyek tersebut," ujar Yohanes saat dijumpai oleh www.sorotpost.com  pada kamis, (16/7) tadi siang.
Yohanes juga menyebutkan, Lebih parahnya, proyek yang sudah menghabiskan uang negara miliaran rupiah itu tidak bisa dimanfaatkan hingga kini, sehingga terkesan proyek itu hanya menghambur-hamburkan uang negara dan menguntungkanpelaksa. "Dana sering APBD sejak tahun 2011/2012/2013 tidak digunakan, seperti salah satu contoh dana sering tahun 2013 RP 400 juta tidak dilaksanakan. Padahal, dana sering itu seharusnya dipergunakan untuk memasang jaringan dari pipa ke rumah penduduk. Terus, sekarang tidak dilaksanakan, lalu dikemanakan dana itu?. Selain itu, kasus dugaan korupsi proyek air bersih ini sebelumnya pernah ditangani Polres Landak, tapi hingga saat ini kasus nya tidak ada kejelasannya," papar Yohanes.
Ditempat yang berbeda berdasarkan anggaran APBD tahun 2014, pemasangan lanjutan pipanising dikecamatan Menyuke dari rumah kerumah juga tidak dipasangkan, kendati kontraktor tidak mau mengambil resiko, pasalnya air bersih (ringo Red) tidak mengalir, Erani Kadis PU saat dikonfirmasi beberap waktu lalu. (Red)

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS