Tahun 2015 Dinas Pertanian Targetkan Hasil Pangan 166.225 Ton

Selasa, 30 Juni 2015

 Bengkayang (sorot Post)- Pemda Bengkayang melalui Dinas Pertanian dan Penyuluhan punya target hasilkan 166.225 Ton pangan pada tahun 2015 guna mencapai swasembada pangan seperti yang dicanangkan Pemerintah pusat. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Penyuluhan Bengkayang, Ir. Yonathan Peno pada saat tanam padi bersama di Desa Cipta Karya, waktu lalu.
Adapun tanaman pangan yang dimaksud diantaranya padi, jagung dan kedelai. Untuk mencapai target tersebut, Peno menjelaskan akan dilakukan melalui  Gerakan Penerapan Pola Tanam Terpadu (GPTT) dan Program UPSUS (Upaya Khusus) melalui kegiatan optimalisasi lahan dan perbaikan sarana irigasi dengan syarat utamanya adalah untuk meningkatkan produktivitas padi, jagung dan kedelai yang selama ini masih sangat rendah.
Sementara, Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M.Pd yang turut hadir dalam kegiatan mengajak agar semua kita bertanggung jawab atas swasembada pangan.
“Tingkatkan produksi dan memperluas lahan-lahan dengan sebaik-baiknya. Jangan menjadi penyumbang gagalnya berswasembada pangan,” ajaknya.

Pria yang berencana maju pada Pemilihan Gubernur Kalbar 2018 ini menambahkan, dirinya bersyukur karena Kalbar masuk nomor 5 dalam hal berswasembada pangan.
“Khusus Bengkayang kita sudah surplus padi, tetapi kita tidak harus puas karena kita wajib membantu Daerah secara umum Kalimantan Barat,” ujarnya.
“Oleh sebab itu, mari kita menjadi provokator swasembada pangan dn berkontribusi bagi Provinsi Kalimantan Barat”, pungkanya.
Gerakan menanam yang lakukan secara simbolis oleh Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M.Pd dan diikuti oleh Ketua DPRD Kab. Bengkayang Martinus Kajot, A.Md, Dandim 1202, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Kab. Bengkayang, Kepala Dinas Pertanian, Camat Sungai Betung dan beberapa anggota DPRD Kab. Bengkayang.(jam)

Share this Article on :
 
© Copyright SOROT POST @2018 Oleh Sorot Post News| Design by PHILIPUS NAHAYA | Published by SOROT POST NEWS